Kamis, 30 Desember 2010

Indahnya Bersama Dalam Perbedaan

Litografi rumah seorang misionaris di Mojowarno (sumber : http://wapedia.mobi/id/Mojowarno,_Jombang)

Kota jombang terkenal dengan sapaan kota santri, hal ini disebabkan karena banyaknya pondok-pondok pesantren berdiri dikota kecil ini. Masyarkatnya sebagian besar menganut agama islam dan sebagian besar kaum muslim disana merupakan warga nahdliyin.
tradisi-tradisi Kristen Jawa yang sudah digunakan semenjak mereka pertama kali

Sekalipun begitu, jombang dapat dikatakan sebagai kota bertoleransi tinggi. sebabnya adalah sikap toleransi terhadap agama lain sangat nampak jelas dalam kehidupan sehari-hari masyarakat jombang. bagaimana tidak, kecamatan mojowarno sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan trowulan atau kurang lebih 8 kilometer dari pondok pesantren tebu ireng merupakan kawasan dengan pemeluk agama Kristen yang signifikan, dan daerah tersebut pernah menjadi pusat penyebaran salah satu aliran agama Kristen Protestan pada era Kolonial Belanda.

Majelis agung gereja Mojowarno di tahun 1930-an (sumber:http://wapedia.mobi/id/Mojowarno,_Jombang)

Pemkab Jombang sering sekali mengadakan penyuluhan-penyuluhan tentang peningkatan kerukunan antar umat bergama, Camat Mojowarno, Drs.H.SANTOSO selalu menghimbau warganya yang tak lain adalah masyarakat Mojowarno untuk lebih meningkatkan kerukunan dalam kehidupan umat beragama dengan saling toleransi, saling pengertian, saling menghormati dan menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara didalam NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, dan mengajak peserta penyuluhan untuk berdo'a bersama agar terhindar dari musibah dan Bencana alam yang selama ini melanda bangsa Indonesia.

Rumah sakit Mojowarno di tahun 1904 (sumber:http://wapedia.mobi/id/Mojowarno,_Jombang)

Di Mojowarno berdiri Rumah sakit Kristen disamping itu terdapat pula Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang beraliran Calvinisme pada tanggal 3 Maret 1881. Di kecamatan ini juga berdiri salah satu bangunan gereja Kristen Protestan tertua di Indonesia. Tidak mengherankan, kecamatan ini memiliki populasi kristen terbanyak di Kabupaten Jombang dan hingga kini masyarkatnya masih memegang teguh tradisi-tradisi Kristen Jawa yang sudah digunakan semenjak mereka pertama kali nenek moyang terdahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar